SK/KD MATEMATIKA Kelas VII,VIII dan IX Tingkat SMP/MTs berkarakter
A.
Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu
universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting
dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang
teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan
matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan
matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan
diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua
peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan
kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta
kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat
memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk
bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika
dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam
pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal,
masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat matematika, menyelesaikan
masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika
hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah
diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer,
alat peraga, atau media lainnya.
B.
Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep
matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau
algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika
3. Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang matematika,
menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
5. Memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu,
perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya
diri dalam pemecahan masalah.
C.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan
SMP/MTs meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Bilangan
2.
Aljabar
3.
Geometri dan Pengukuran
4. Statistika dan Peluang.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Komptensi
Dasar
|
Bilangan
1. Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
1.2
Menggunakan sifat-sifat operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
Aljabar
2. Memahami bentuk
aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
2.2 Melakukan
operasi pada bentuk aljabar
2.3 Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel
2.4 Menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
3. Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan
perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1 Membuat
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
3.2 Menyelesaikan
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
3.3 Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
3.4 Menggunakan
perbandingan untuk pemecahan masalah
|
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan konsep himpunan
dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami
pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
4.2 Memahami konsep
himpunan bagian
4.3 Melakukan
operasi irisan, gabungan, kurang (difference),
dan komplemen pada himpunan
4.4 Menyajikan
himpunan dengan diagram Venn
4.5 Menggunakan
konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
Geometri
5. Memahami hubungan garis
dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan
ukurannya
|
5.1
Menentukan hubungan antara dua
garis, serta besar dan jenis sudut
5.2
Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis
berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
5.3
Melukis sudut
5.4
Membagi sudut
|
6. Memahami konsep segi empat
dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1
Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
6.2
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi,
trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
6.3 Menghitung
keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah
6.4 Melukis
segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Aljabar
1. Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
1.2 Menguraikan bentuk aljabar
ke dalam faktor-faktornya
1.3 Memahami relasi dan fungsi
1.4 Menentukan nilai fungsi
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi
aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
|
2. Memahami sistem persa-maan
linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menyelesaikan sistem
persamaan linear dua variabel
2.2 Membuat matematika dari
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
2.3 Menyelesaikan matematika
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan
penafsirannya
|
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan Teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan Teorema
Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
4. Menentukan unsur,
bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentukan unsur dan
bagian-bagian lingkaran
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
4.3 Menggunakan hubungan sudut
pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
4.5 Melukis lingkaran dalam dan
lingkaran luar suatu segitiga
|
5. Memahami sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat
kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
5.2 Membuat jaring-jaring
kubus, balok, prisma dan limas
5.3 Menghitung luas permukaan
dan volume kubus, balok, prisma dan limas
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
1. Memahami kesebangunan bangun
datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun
datar yang sebangun dan kongruen
1.2 Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
1.3 Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
2. Memahami sifat-sifat tabung,
kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
2.2 Menghitung luas selimut dan
volume tabung, kerucut dan bola
2.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
Statistika dan Peluang
3. Melakukan pengolahan dan
penyajian data
|
3.1
Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
3.2
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
|
4. Memahami peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentukan ruang
sampel suatu percobaan
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
Kelas IX, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah sederhana
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2 Melakukan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan masalah
sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
6. Memahami barisan dan deret
bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentukan pola barisan
bilangan sederhana
6.2 Menentukan
suku ke-n barisan aritmatika dan
barisan geometri
6.3 Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
6.4 Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret
|
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://4rrwani.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts
Newer Posts
Older Posts
Older Posts
Comments