MENGHILANGKAN ANGKA DI BELAKANG KOMA SAAT MAIL MERGE

12:07:00 PM Edit Artikel


Kemarin dapat kendala pada saat pembuatan laporan capaian kompetensi peserta didik kelas X yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Berhubung rapornya belum ada, maka dibuatkanlah Laporan Capaian Kompetensi Sementara. Untuk memudahkan pekerjaan dibuatlah filenya di excel dulu lalu akan di merge.
Menggunakan fasilitas merge sangat membantu dalam pengerjaan LCKS ini. Namun setelah menggunakan fasilitas mailing, dan akan di insert field, muncullah kendala seperti ini:
Angka dibelakang koma terlalu banyak, padahal di file excelnya cuma 2 angka di belakang koma. Maka cara untuk agar angka dibelakang koma cuma dua, akan dilakukan cara dibawah ini:
1.      Klik kanan field mergenya
2.      Pilih Edit Field
3.      Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, klik tombol  “field codes” samping kiri bawah
4.      setelah itu tambahkan kode \#”0,00″ dibelakang kode field codesnya. ( untuk kode ini berarti akan muncul dua angka dibelakang koma). Jika 3 angka dibelakang koma ingin dimasukkan, berarti tambahkan saja 3 angka nol setelah koma.
5.      Jika format penomoran angka desimalnya di excel menggunakan koma berarti di field codesnyapun harus menggunakan koma, namun kalau menggunakan tanda titik, maka di fields codenyapun harus menggunakan titik.
6.      Hasilnya seperti ini
Sekian, Semoga Membantu :)
Previous
Next Post »
Show comments