RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan           : MTs Surga
Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/Semester                   : VIII / 2

A.   Materi Pokok                              
Nilai π dan keliling lingkaran

B.    Alokasi Waktu                           
2 x 40 menit

C.    KI dan KD
Kompetensi Inti         :
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 Kompetensi Dasar   :
3.6. Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran

D.   Indikator                      
1.6.1   Menemukan nilai π
1.6.2   Menemukan rumus keliling lingkaran

E.    Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan diskusi kelompok, demonstrasi dan inquiry peserta didik dapat;
1.    menemukan nilai πdengan benar
2.    menemukan rumus keliling lingkaran dengan benar


F.     Materi Pembelajaran


 


  A A’                                A                                                A’



Keliling lingkaran pada gambar di atas (1)  menunjukkan sebuah lingkaran dengan titik A terletak disebarang lengkungan lingkaran. Jika lingkaran tersebut dipotongdi titik A, kemudian direbahkan, hasilnya adalah sebuah garis lurus AA' seperti pada gambar (2). Panjang garis lurus tersebut merupakan keliling lingkaran. Jadi, keliling lingkaran adalah panjang lengkungan pembentuk lingkaran tersebut.
Cara di atas, keliling sebuah lingkaran dapat juga ditentukan menggunakan rumus. Akan tetapi, rumus ini bergabung pada sebuah nilai, yaitu π (dibaca phi). Menurut penelitian yang cermat ternyata nilai π = 3,14 1592 65358979324836 ... Jadi, nilai hanyalah suatu pendekatan. Jika dalam suatu perhitungan hanya memerlukan ketelitian sampai dua tempat desimal. Jadi,  pendekatan untuk π :

π  = 3, 14 atau .

Lingkaran, nilai perbandingan  menunjukkan bilangan yang sama atau tetap disebut . Karena  = , sehingga didapat K = Karena panjang diameter adalah 2 × jari-jari atau d = 2r, maka K = 2r. Jadi, didapat rumus keliling (K) lingkaran dengan diameter (d) atau jari-jari (r) adalah :

K =  atau K = 2

G.   Pendekatan dan metode pembelajaran
Pendekatan                   : scientific/ilmiah
Metode                           : Small group discation, demonstrasi, Inkuiri, galary walk.

H.   Media Pembelajaran
Kertas karton, kertas plano, media lingkaran, penggaris, benang dan lembar kerja.

I.      Sumber Belajar
Buku paket bse MTK kelas VIII SMP

J.      Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Peserta didik
Waktu

Kegiatan Awal


1
Guru memasuki kelas tepat waktu, kemudian guru mengucap salam dan menyuruh peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu. Sebelum memulai pelajaran, guru dan peserta didik mengucapkan basmallah bersama-sama. (sikap disiplin dan religius)
K
5 menit
2
Apersepsi :
Menanyakan materi yang sebelumnya yaitu tentang pengertian lingkaran dan  unsur-unsurnya.
K
3
Motivasi  :
guru memberikan motivasi yang berhubungan dengan keliling lingkaran, bahwa banyak sekali benda di alam semesta berputar/berkeliling, misalnya permainan drumolen yang terdapat di pasar malam yang gerakannya seimbang  dan  perputaran bumi pada porosnya dari arah barat ke timur selama 24 jam yg mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Juga bisa menanyakan benda-benda yang berbentuk lingkaran yang ada di sekitar kita, baik dilinkungan kelas maupun di rumah.
K
4
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu: agar peserta didik mampu menentukan nilai pendekatan π, rumus keliling lingkaran dan menghitung kelilingnya dengan benar dan cermat. 
K

Kegiatan inti


5
Mengamati:
Guru meminta peserta didik untuk mengamati benda-benda yang berbentuk lingkaran yang ada di lingkungan sekolah untuk dibawa ke dalam kelas. Termasuk diminta untuk menunjukan benda-benda lingkaran yang dibawanya dari rumah.
K

10 menit
6
Menanya:
Guru melakukan tanya jawab untuk menggali unsur-unsur lingkaran pada benda yang didapatnya. Terutama harus bisa menemukan diameter dan keliling lingkaran pada benda masing-masing.

K
5 menit
7
Eksperimen dan menalar:
a.  Membentuk kelompok dengan peserta 5 orang. (sikap kebersamaan)
b.  Dengan diskusi dan kerja kelompok diminta untuk menjiplak benda- benda lingkaran di kertas karton. Minimal tiap kelompok menjiplak 5 lingkaran yang berbeda besarnya.
c.   Lingkaran diukur satu per satu, diameternya dengan menggunakan penggaris dan kelilingnya dengan menggunakan benang
d.  Dari hasil pengukuran  diminta untuk menuangkan dalam tabel pada kertas plano.

I
25 menit
8
Komunikasi dan menalar:
a.  Dari tabel yang dibuat diminta untuk menentukan
b.  Nilai    dari tiap lingkaran
c.   Mendiskusikan tentang nilai yang didapat’ apakah hasilnya mendekati angka yang sama? Itulah yang disebut bilangan tetap/ π
d.  Setelah menemukan nilai π, pesertadidik diminta untuk  menemukan rumus keliling lingkaran
e.   Hasil diskusi tiap kelompok ditulis di plano dipajang di dinding dekat kelompok masing-masing.
f.    Tiap kelompok diminta secara bergiliran melihat hasil pekerjaan kelompok lain, mengamati dan mencatat yang perlu
g.  Tiap kelompok mempresentasikan dan ditanggapi kelompok lain
h.   Memberikan soal untuk mencari keliling lingkaran
K
25 menit

Penutup


9
Melakukan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan menyimpulkan keliling lingkaran. Selain itu juga mengidentifikasi manfaat dari pembelajaran ini
K
10 menit
10
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan meminta peserta didik untuk mengerjakan soal terkait keliling lingkaran
K
11
Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
Guru dan peserta didik mengucapkan hamdallah.
Kemudian Guru mengucap salam dan meninggalkan kelas tepat waktu. (sikap disiplin dan religius)
K

Jumlah

80 menit
Keterangan: I = Individual;   P = berpasangan;   G = group;   K = klasikal.

K.   Penilaian
Penilaian penugasan kerja kelompok.
1.     Instrumen Penilaian:
a.     Jumlah benda lingkaran yang ditemukan dan dibawa dari rumah (skor mak 5)
b.     Keaktifan dalam berdiskusi (skor mak 5)

c.     Ketepatan menentukan diameter dan keliling 5 lingkaran (tiap lingkaran benar skor 1, salah skor 0)
d.    Menentukan nilai π dari 5 lingkaran (tiap lingkaran benar skor 1, salah skor 0)
e.     Menentukan rumus keliling (benar skor 5 dan salah skor 0)

Nilai  = jumlah skor x 4

Tindak Lanjut:
Menyelesaikan soal yang terkait denga keliling lingkaran.



                                                                Semarang, 30 Agustus 2013
Kepala Madrasah                                                                                    Guru Kelas


Samin                                                                                                          Anto
         NIP. 081326721713                                                                                 NIP. 02476638126
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://4rrwani.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts