SK KD MATEMATIKA SMP / MTS
41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah
Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin
dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan
pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh
perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori
peluang dan matematika diskrit. Untuk
menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika
yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada
semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik
dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif,
serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik
dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi
untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan
kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika
dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam
pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal,
masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika,
menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika
hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah
diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer,
alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan
mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat,
dalam pemecahan masalah
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika
dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan
pernyataan matematika
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang
model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain
untuk memperjelas keadaan atau masalah
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu
memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika,
serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada
satuan pendidikan SMP/MTs meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Bilangan
2. Aljabar
3. Geometri dan
Pengukuran
4.
Statistika dan Peluang.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi Dasar
|
Bilangan
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
Aljabar
2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu
variabel
2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
3.2 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan
masalah aritmetika sosial yang sederhana
3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan
masalah
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan konsep himpunan
dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan,
serta penyajiannya
4.2 Memahami konsep himpunan bagian
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang
(difference), dan komplemen pada
himpunan
4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan
masalah
|
Geometri
5. Memahami hubungan garis
dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan
ukurannya
|
5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan
jenis sudut
5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk
jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis
lain
5.3 Melukis sudut
5.4 Membagi sudut
|
6. Memahami konsep segi empat
dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan
sisi dan sudutnya
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
1. Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya
1.3 Memahami relasi dan fungsi
1.4 Menentukan nilai fungsi
1.5 Membuat sketsa grafik
fungsi
aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
1.6 Menentukan gradien, persamaan dan
grafik garis lurus
|
2. Memahami sistem persa-maan
linear dua variabel dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan
linear dua variabel
2.2 Membuat model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
2.3 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel dan penafsirannya
|
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan Teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras
untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
3.2 Memecahkan masalah pada
bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
4. Menentukan
unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentukan unsur dan
bagian-bagian lingkaran
4.2 Menghitung keliling dan luas
lingkaran
4.3 Menggunakan hubungan sudut
pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
4.5 Melukis lingkaran dalam dan
lingkaran luar suatu segitiga
|
5. Memahami sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya
5.2 Membuat jaring-jaring kubus,
balok, prisma dan limas
5.3 Menghitung luas permukaan dan
volume kubus, balok, prisma dan limas
|
Kelas IX,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Geometri dan Pengukuran
1. Memahami kesebangunan bangun
datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun
datar yang sebangun dan kongruen
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga
sebangun dan kongruen
1.3 Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
2. Memahami sifat-sifat tabung,
kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung,
kerucut dan bola
2.2 Menghitung luas
selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan tabung, kerucut dan bola
|
Statistika dan Peluang
3. Melakukan pengolahan dan penyajian
data
|
3.1 Menentukan
rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
3.2 Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
|
4. Memahami peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentukan
ruang sampel suatu percobaan
4.2 Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana
|
Kelas IX, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Bilangan
5. Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
sederhana
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2 Melakukan operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan masalah sederhana
yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
||
6. Memahami barisan dan deret
bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentukan pola barisan
bilangan sederhana
6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan
geometri
6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret
geometri
6.4 Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret
|
||
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://4rrwani.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts
Newer Posts
Older Posts
Older Posts
Comments