Kunyah Permen Karet Bisa Bantu Perkuat Konsentrasi

1:14:00 PM Edit Artikel

Kunyah Permen Karet Bisa Bantu Perkuat Konsentrasi -- Untuk menjaga agar performa fisik tetap maksimal dan tingkat kewaspadaan tinggi, banyak orang yang mengonsumsi minuman energi atau minuman isotonik, padahal efek samping kedua jenis minuman ini tidak cukup besar. Tak usah pusing-pusing, sebuah studi baru menemukan cara yang simpel tapi jitu yaitu mengunyah permen karet.

Suka mengunyah permen karet? Permen yang bisa dibentuk menyerupai balon ini memang enak dijadikan teman dikala senggang. Kalau kita tahu berbagai manfaat dari permen karet, pasti tidak akan mau berhenti mengunyahnya. Mengunyah permen karet ternyata tak sekadar menyegarkan napas, tapi juga dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.

Berdasarkan penelitian para ahli, kegiatan mengunyah itu meningkatkan produksi glukosa, oksigen dan peredaran darah ke otak. Sehingga kemampuan daya ingat dan konsentrasi otak kita pun makin tinggi. Eksperimen dilakukan pada 38 orang yang dibagi dalam dua grup. Satu grup mengunyah permen karet selama 30 menit dan satu grup lainnya tidak. Kelompok pertama mengunyah permen karet sambil mendengarkan bacaan berulang-ulang pengurutan kombinasi nomor dari satu sampai sembilan, secara acak. Ternyata kelompok ini dengan akurat dan cepat mampu menyebutkan lagi nomor ganjil genap ganjil seperti tujuh-dua-satu.

Kesimpulannya, peserta yang mengunyah permen karet bisa bereaksi lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan mereka yang tidak mengunyah permen karet. Yang menarik menurut Kate morgan dari Cardiff University, peserta yang tak mengunyah permen karet tampil agak lebih baik pada awalnya, namun kalah di akhir.

Ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu kita untuk fokus pada aktivitas yang membutuhkan pemantauan terus menerus dengan rentang waktu yang lebih lama.

(Dikutip dari berbagai sumber)
Previous
Next Post »
Show comments